Berita Bawaslu Provinsi NTT

Senin, 02 Agustus 2021 13:10

Sabu Raijua, Bawaslu NTT- Hasil akhir Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua Tahun 2021 sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Komisi Pemilihan Umum Sabu Raijua nomor: 207/HK.03.01-Kpt/5320/KPU-Kab/VII/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pemungutan Suara Ulang Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua Tahun 2020, bahwa ditetapkannya Pasangan Calon Nomor Urut 1 (satu) Nikodemus N. Rihi Heke dan Yohanis Uly Kale sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dengan perolehan suara 21.847 suara.

Rabu, 28 Juli 2021 17:44

Kupang, Bawaslu NTT- Badan pengawas pemilihan umum Provinsi Nusa Tenggara Timur mengadakan rapat dalam jaringan (daring) terkait penguatan kapasitas bagi seluruh komisioner dan staf yang mengelola Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS), Selasa (27/07/2021). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten/kota se-Provinsi NTT dan staf yang mengelola SIPS (Admin Dan Operator). Turut hadir dalam Kegiatan Ini Ketua Bawaslu NTT Thomas M. Djawa, Anggota Bawaslu NTT Melpi M. Marpaung, Baharudin Hamzah dan Jemris Fointuna. Pemateri dalam kegiatan ini yakni Anggota Bawaslu NTT Noldi Tadu Hungu selaku Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa dan Sherly P. Lado selaku staf admin SIPS Bawaslu Provinsi NTT.

Kamis, 15 Juli 2021 13:23

Kupang, Bawaslu NTT-Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar Rapat daring Evaluasi Tahapan Pungut Hitung dan Rekapitulasi Penghitungan Suara Ulang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sabu Raijua Tahun 2021 selasa (13/07/2021). Sejak putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 135/PHP.BUP-XIX/2021, Bawaslu NTT melakukan rapat daring secara rutin dua kali seminggu bersama Bawaslu kabupaten Saburaijua dalam rangka persiapan pengawasan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Kegiatan tersebut dihadiri anggota Bawaslu Provinsi NTT Jemris Fointuna, Melphi M. Marpaung dan Noldy Taduhungu, kemudian Ketua Bawaslu Kabupaten Sabu Raijua Yudi Tagi Huma, serta jajaran Sekretariat Bawaslu Provinsi NTT dan Bawaslu Kabupaten Saburaijua.

Jemris Fointuna manambahkan bahwa tujuan Rapat Evaluasi ini untuk mengetahui secara pasti adakah laporan ataupun temuan saat pleno maupun sebelum pleno berlangsung pasca pungut hitung dan rekapitulasi penghitungan suara baik ditingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten, sehingga informasi yang disampaikan dapat menjadi rujukan untuk kita bersama melakukan langkah – langkah antisipasi dalam menghadapi persoalan yang terjadi kedepannya.

Ketua Bawaslu Saburaijua Yudi Tagi huma mengungkapkan bahwa pengawasan hasil rekapitulasi ditingkat kecamatan maupun ditingkat kabupaten berjalan dengan aman, namun ada beberapa catatan yang disampaikan oleh petugas pengawas saat pleno berlangsung di tingkat kecamatan dan dilakukan perbaikan secara bersama-sama yang disaksikan secara langsung oleh saksi dari Calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 01 dan nomor urut 03 disetiap TPS terhadap pengguna hak pilih, pemilih disabilitas, dan DPT.

Pada kesempatan yang sama, Jemris menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya salah satu petugas Anggota Panwascam Kecamatan Sabu Barat, Bapak Eryzon J. C. Haba Radja, yang bersangkutan terpapar Covid-19 sejak melakukan tugas pengawasan pengepakan dan penyotiran surat suara di KPU Saburaijua. S.g

Penulis  : Syahrir Guhir
Editor   : Silvester Sili Teka

Selasa, 06 Juli 2021 22:43

Sabu Raijua, Bawaslu NTT-Menjelang pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua Tahun 2021, Anggota Bawaslu Republik Indonesia Fritz Edward Siregar melakukan koordinasi dengan beberapa Lembaga terkait salah satunya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sabu Raijua. Fritz menyambangi Kantor Disdukcapil Sabu Raijua pada Selasa, (06/07/2021).

Selasa, 06 Juli 2021 22:40

Dalam lawatannya ke Sabu Raijua guna pelaksanaan pengawasan Pemungutan Suara Ulang (PSU), Anggota Bawaslu Republik Indonesia Fritz Edward Siregar melakukan pengawasan distribusi logistik perlengkapan pemungutan Suara Dan Perlengkapan Lainnya di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sabu Raijua, Selasa (06/07/2021).

Selasa, 06 Juli 2021 22:38

Sabu Raijua, Bawaslu NTT-Anggota Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia Fritz Edward Siregar melakukan pengawasan di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) menyongsong Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua Tahun 2021, Selasa (06/07/2021). Beberapa TPS tersebut antara lain TPS 03 Desa Dai Eko Kecamatan Hawu Mehara, TPS 02 Desa Peddero, Kecamatan Hawu Mehara, dan TPS 01 Desa Wadu Meddi, Kecamatan Hawu Mehara.

Senin, 05 Juli 2021 10:25

Alor, Bawaslu NTT-Dalam kunjungannya ke Kabupaten Alor, Anggota Bawaslu Republik Indonesia Fritz Edward Siregar menyampaikan agar jajaran pengawas untuk mempersiapkan tatanan pengawasan pelaksanaan pemilu dan pilkada 2024 mendatang. “Jika mengacu pada perkiraan jadwal yang ada, tahapan akan dimulai pada Maret 2022, maka bulan Oktober Panwascam juga sudah terbentuk,” ujar Fritz di Kantor Bawaslu Kabupaten Alor (04/Juli/2021).

Jumat, 02 Juli 2021 13:35

Kupang,Bawaslu NTT-Dalam webinar “Tantangan PSU Pilkada Sabu Raijua” yang diselenggarakan  oleh Bawaslu provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (01/07/2021), Anggota Bawaslu Republik Indonesia Fritz Edward Siregar mengharapkan adanya penyatuan sikap dan pemahaman terkait bagi mereka yang tidak memiliki KTP-el, di lapangan banyak masyarakat yang tidak atau beum memiliki KTP-el.

Jumat, 02 Juli 2021 13:23

Dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua, Badan Pengawas Pemilu Provinsi Nusa Tenggara Timur dimotori oleh divisi Hukum, Humas, data dan informasi menyelenggarakan webinar dengan topik “Tantangan PSU Pilkada Sabu Raijua (01/07/2021).

Jumat, 02 Juli 2021 13:19

Kupang, Bawaslu NTT-Sesuai perintah Mahkamah Konstitusi dalam putusan Nomor 135/PHP.BUP-XIX/2021  agar Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan supervisi dan pendampingan kepada Bawaslu Kabupaten Sabu Raijua dalam pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) 7 Juli mendatang, maka Bawaslu NTT kembali menggelar Rapat Daring Persiapan PSU bersama Bawaslu Sabu Raijua pada  (30/Juni/2021) yang secara rutin dilakukan setiap minggu. Pada rapat kali ini hadir salah satu anggota tim asistensi divisi pengawasan Bawaslu Republik Indonesia Muhammad Zaid untuk melakukan supervisi terkait persiapan pengawasan PSU nanti. 

Jumat, 02 Juli 2021 13:15

Kupang, Bawaslu NTT-Dalam rangka mensukseskan Pemungutan Suara Ulang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua 7 Juli 2021 mendatang, Badan Pengawas Pemilu Provinsi Nusa Tenggara Timur mengadakan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Sabu Raijua (Sarai) bersama stakeholder terkait (30/Juni/2021) di ruang rapat Kantor Bawaslu NTT dengan menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 secara ketat.

Jumat, 02 Juli 2021 13:10

Bali, Bawaslu NTT- Anggota Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur Jemris Fointuna menjadi salah satu narasumber pada giat Sekolah Kader Pengawas Pemilu Partisipatif di Kabupaten Gianyar, Bali bertempat di Sthala, a tribute portfolio hotel - Ubud Bali (28/Juni/2021). Pelaksanaannya diikuti dengan penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 dengan ketat.

Jumat, 11 Jun 2021 13:46

Kupang, Bawaslu NTT– Pelaksanaan Pemilu serentak 2024 memiliki berbagai tantangan mulai dari persiapan personil Pengawas Pemilu yang memadai baik secara jumlah maupun keilmuan serta persiapan pengawasan logistik dan pencegahan potensi pelanggaran saat tahapan dimulai. Menghadapi tantangan tersebut, Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar Rapat Kerja Teknis Pelanggaran Administrasi Terstruktur Sistematis dan Masif (TSM) pada Kamis, (10/06/2021) secara daring maupun luring di Kantor Bawaslu NTT.

Sabtu, 29 Mei 2021 09:45

Kupang, Bawaslu NTT-Ketua Bawaslu Republik Indonesia Abhan menyampaikan belasungkawa dan rasa prihatin yang mendalam terhadap para korban bencana alam badai Siklon Seroja di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kedatangan Abhan di Provinsi Nusa Tenggara Timur kali ini dalam rangka memberikan bantuan donasi kepada para korban bencana Badai Seroja.  “Kami berharap agar para korban yang tertimpa musibah ini tetap diberikan semangat untuk bangkit kembali dan bisa kembali ke kondisi normal,” ujarnya di Kantor Bawaslu Provinsi NTT (28/05/2021).

Sabtu, 29 Mei 2021 09:41

Kupang, Bawaslu NTT - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadakan Rapat koordinasi Persiapan Pengawasan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Sabu Raijua Tahun 2021 bersama Bawaslu Sabu Raijua secara virtual pada Senin (24/05/2021.

Selasa, 25 Mei 2021 08:44

Kupang,Bawaslu NTT-Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur melaksanakan apel pagi sebagai bentuk kedisiplinan dalam melaksanakan pekerjaan, (Senin 24/05/2021). Apel pagi diikuti oleh jajaran pimpinan Bawaslu Provinsi NTT beserta Kepala Sekretariat, pejabat struktural, pejabat fungsional dan para staf di halaman depan kantor Bawaslu NTT.

Apel pagi tersebut dilaksanakan dengan mengikuti protokol Kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19. Kegiatan ini kembali dilaksanakan setelah beberapa bulan sempat dihentikan karena tingginya jumlah pasien terpapar Covid-19 di Kota Kupang. “ Apel pagi merupakan kegiatan penting selain untuk membentuk sikap disiplin dalam bekerja serta menjadi ajang silaturahmi untuk meningkatkan kedekatan dan kekompakan sesama jajaran Bawaslu” ujar Ketua Bawaslu NTT.

Selain sebagai bentuk sarana pendisiplinan, apel pagi bertujuan meningkatkan kualitas kinerja para pegawai. Melalui apel pagi, pimpinan/atasan lembaga dapat memberikan arahan langsung mengenai tugas pokok dan fungsi beserta tanggung jawab masing-masing divisi atau bagian. Sehingga komunikasi dan koordinasi secara berjenjang mulai dari pimpinan, pejabat hingga staf dapat terbangun dengan baik.

Konsolidasi internal melalui penguatan koordinasi dan kedisiplinan menjalankan tugas diharapkan mampu menjadi ruh Lembaga Bawaslu NTT dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Mengingat pemilu dan pilkada serentak akan berlangsung pada 2024 mendatang, maka kegiatan ini menjadi penting untuk memperkuat kelembagaan Bawaslu NTT.

Penulis : Fahmi Adihapsoro
Editor : Silvester

Kamis, 13 Mei 2021 09:07

Hari raya Idul Fitri 13/05/21 : Keluarga besar Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442H.

" Berbuat khilaf adalah sifat. Meminta maaf adalah kewajiban. Dan kembalinya fitrah adalah tujuan. Di hari fitri ini Mohon maaf lahir serta batin."

Selasa, 04 Mei 2021 10:14

Kupang,Bawaslu NTT-Dalam rangka persiapan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 yang tahapannya akan dimulai pada tahun 2022, Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar Rapat Kerja Penanganan Pelanggaran yang diikuti oleh Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Bawaslu 22 Kabupaten/Kota se-Nusa Tenggara Timur, Kamis (4/5/2021) di ruang rapat Kantor Bawaslu NTT.

Rabu, 28 April 2021 20:39

Kupang,Bawaslu NTT-Badan Pengawas Pemilu Provinsi Nusa Tenggara Timur menghadiri Rapat Koordinasi Pelaksaan Pemungutan Suara Ulang Kabupaten Sabu Raijua Tahun 2021 yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (28/04/2021) bertempat di ruang rapat kantor KPU NTT. Turut hadir pula perwakilan dari Pemerintah Provinsi NTT, perwakilan dari beberapa Partai Politik, Badan Intelijen Daerah (BINDA) NTT, dan Ketua KPU Sabu Raijua.

Rabu, 28 April 2021 20:37

Kupang,Bawaslu NTT- Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur mengggelar Rapat Koordinasi Sentra Gakkumdu (27/4/2021) di Kantor Bawaslu NTT. Rapat yang dihadiri oleh Ketua dan anggota Bawaslu Provinsi NTT, Polda NTT dan Kejaksaan tinggi NTT ini menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi yang menyatakan bahwa harus dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sabu Raijua.

Rabu, 28 April 2021 20:36

Kupang, Bawaslu NTT-Bawaslu Provinsi NTT mengadakan Rapat Evaluasi Penyelesaian Sengketa tahun 2021 pada Selasa, (27 /04/2021) bertempat di Kantor Bawaslu NTT. Kegiatan dipimpin oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi NTT  yakni Thomas M. Jawa, Jemris Fointuna, Noldy Tadu Hungu, dan Melpi Marpaung, serta Kepala Sekretariat Ignasius Jani. Rapat ini menghadirkan Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Kupang Mariana Ivan Junias sebagai narasumber.

Rabu, 28 April 2021 20:34

Kupang,Bawaslu NTT-Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur mengundang jajaran sembilan Bawaslu Kabupaten yang melaksanakan Pilkada tahun 2020 pada Rapat Kerja Evaluasi Pengawasan Pemilihan Umum, Jumat 23 april 2021 di Kantor Bawaslu NTT.

Kamis, 15 April 2021 23:06

Menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi pada perkara nomor 135 /PHP.BUP-XIX/2021 dan 133/PHP.BUP-XIX/2021, Ketua Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur Thomas Mauritius Djawa mengungkapkan pihaknya akan segera melakukan langkah-langkah konsolidasi dan koordinasi melalui rapat internal dengan Bawaslu Sabu Raijua pada Selasa (20/04/2021).

Kamis, 15 April 2021 23:01

Kupang, Bawaslu NTT-Ketua Bawaslu Kabupaten Sabu Raijua Yudi Tagi Huma menjelaskan Bawaslu Sabu Raiju sebagai Lembaga pengawas Pemilu/Pemilihan yang juga mengawasi hasil putusan Mahkamah Konstitusi akan segera melakukan persiapan pengawasan pemungutan suara ulang (PSU) melalui koordinasi dengan lembaga-lembaga terkait.

Kamis, 15 April 2021 22:53

Kupang, Bawaslu NTT-Sidang Mahkamah Konstitusi terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah Sabu Raijua Tahun 2020 dengan agenda pembacaan putusan perkara nomor 133,134, dan 135 diikuti oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur beserta Kepala Sekretariat Ignasius Jani dan jajaran pejabat struktural dan fungsional secara daring di ruang rapat Kantor Bawaslu NTT, Kamis (05/04/2021).

Rabu, 14 April 2021 16:25

Kupang, Bawaslu NTT-Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan sosialisasi Perbawaslu Nomor 15 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pembinaan dan Pengawasan terhadap Pelaksanaan Tugas Pengawasan Pemilihan Umum kepada ketua/anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Provinsi NTT selaku Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Selasa, (13/04/2021). Sosialisasi dilaksanakan dengan tujuan sebagai bentuk pembinaan kepada jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota.

Rabu, 14 April 2021 16:21

Kupang, Bawaslu NTT-Semarak perayaan ulang tahun ke-13 Badan Pengawas Pemilu pada 09 April 2021 dipenuhi ragam ekspektasi dari berbagai kalangan akan tumbuh kembang demokrasi melalui pengawasan pemilu yang semakin profesional dan berintegritas.

Rabu, 14 April 2021 16:14

Kupang,Bawaslu NTT-Memperingati hari ulang tahun ke-13 Badan Pengawas Pemilu, Kepala Sekretariat Bawaslu provinsi Nusa Tenggara Timur Ignasius Jani mengharapkan di usia ke-13 ini menjadi momentum pembenahan terkait penguatan kapasitas kelembagaan seperti sistem perencanaan, pelaksanaan program kegiatan beserta tugas pengawasan meliputi pencegahan dan penindakan yakni penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa.

Rabu, 14 April 2021 16:05

Kupang, Bawaslu NTT-Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur mengikuti sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Perkara Register133/PHP.BUP-XIX/2021, 134/PHP.BUP-XIX/2021, 135/PHP.BUP-XIX/2021, Rabu (07/04/2021). Sidang dihadiri secara daring oleh Thomas Mauritius Djawa, Melpi Minalria Marpaung, Jemris Fointuna, dan Baharudin Hamzah. Agenda sidang adalah meminta keterangan dari pihak-pihak terkait yaitu pihak Dirjen Dukcapil, Dirjen Imigrasi, KBRI Indonesia di Amerika, KJRI di Los Angeles.

Minggu, 21 Maret 2021 13:51

Kupang, Bawaslu NTT - Badan Pengawas Pemilu Provinsi NTT pada hari ini mengikuti sidang Pembacaan Putusan Persidangan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka Tahun 2020 dilaksanakan oleh Mahkamah Konstitusi RI secara online. Kamis, 18 Maret 2021

Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Belu terdiri dengan nomor perkara 18/PHP.BUP-XIX /2021 dan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Malaka nomor 24/PHP.BUP-XIX/201 dimana kedua perkara tersebut sama-sama disidangkan hari ini sesuai jadwalnya secara daring. Hadir mewakili Bawaslu Provinsi NTT dalam sidang secara online yaitu Ketua Bawaslu Provinsi NTT Thomas Mauritius Djawa.

Hakim Mahkamah Konsitusi tidak menemukan adanya pelanggaran berdasarkan alat bukti yang diajukan oleh pihak pemohon dan pihak termohon. Selain itu Keterangan Bawaslu menjadi pertimbangan Hakim Mahkamah Konstitusi untuk memutus kedua perkara tersebut dengan hasil putusan menolak permohonan pemohon seluruhnya.

Minggu, 21 Maret 2021 12:05

Betun, Bawaslu NTT - Anggota Bawaslu RI Frits Edward Siregar melakukan Kunjungan Kerja sejak Kamis 18 Maret 2021 di Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka. Frits nampak menikmati perjalanan selama kurang lebih dua jam dari Atambua menuju Betun.

Jumat, 19 Maret 2021 10:11

Atambua, 18 Maret 2021, Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar, SH., LL.M., PH.D. hari ini Kamis (18/3) melakukan kunjungan kerja dalam rangka Evaluasi Pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Belu Tahun 2020.

Dalam kunjungan Kerja tersebut Fritz didampingi oleh Anggota Bawaslu NTT, Baharudin Hamzah, Jemris Fointuna, Melpi Marpaung dan Noldi Tadu Hungu, hadir juga Kabag Hukum, Humas, dan Data Informasi Bawaslu NTT Felipus C. Boling bersama staf sekretariat.
Kunjungan kerja tersebut bertepatan dengan sidang pembacaan putusan sidang penyelesaian sengketa untuk pilkada Belu dan Malaka.

Dalam kunjungan tesebut Anggota Bawaslu RI Fritz E. Siregar bersama rombongan disambut Ketua, dan anggota,Bawaslu Belu di Bandara A.A Bere Tallo. Rombongan kemudian menuju tempat kegiatan di gedung Betelaleno dan disambut secara adat.

Dalam pertemuan bersama jajaran panwascam Pilkada 2020 itu, Ketua Bawaslu Belu Andreas Parera menyampaikan ucapan selamat datang,sekaligus memaparkan secara umum seluruh tahapan pengawasan pilkada Belu 2020 menjelaskan pertemuan bersama jajaran Panwascam dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Belu, meskipun secara formal sdh selesai masa tugasnya. padahal sesuai dengan batasannya Panwascam Belu sudah selesai masa tugasnya, namun ketika mendengar kehadiran Pak Fritz di Belu, Panwascam merasa masih merupakan bagian dari Bawaslu dan hadir secara langsung dalam kegiatan evaluasi ini.

Sementara itu Anggota Bawaslu NTT Baharudin Hamzah dalam kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar Nusa Tenggara Timur khususnya di Kabupaten Belu, serta apresiasi kepada seluruh jajaran panwascam yang msih setia bersama dalam kegiatan evaluasi.

Sedangkan anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar dalam arahannya memotivasi seluruh panwascam yang hadir atas kerja keras dalam seluruh tahapan. Fritz juga memberikan apresiasi atas dedikasi yang tinggi serta kerja keras yang luar biasa sehingga hasilnya bisa terlihat dalam pelaksanaan pilkada yang telah berlangsung dengan baik, walaupun masih ada sengketa namun hasil kerja yang luar biasa pula sehingga Putusan Mahkamah Konstitusi hari dalam perkara Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu 2020 sudah selesai dengan baik bahkan putusan Hakim MK juga mengacu pada hasil pengawasan Bawaslu.
Dengan demikian, kerja Panwascam sebagai bagian dari Bawaslu mendapat perhatian tersendiri, ungkapnya.

Fritz juga merasa bahagia bisa hadir bersama keluarga Besar Bawaslu Belu sampai kesemua tingkatannya. karena Kabupaten Belu berbatasan dengan Negara Timor Leste dengan Topografi wilayah yang cukup sulit, namun tetap bersemangat dalam mengawal semua proses demokrasi di Belu hingga berakhir dengan sukses.

Kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Pilkada ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada Panwascam dan foto bersama.

Editor : Andri Ndun
Penulis : Yanti Ton

Senin, 15 Maret 2021 18:54

Kupang, Bawaslu NTT-Badan Pengawas Pemilu Provinsi Nusa Tenggara Timur kembali mengikuti sidang kedua Pemeriksaan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sabu Raijua Tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Mahkamah Konstitusi RI secara online, Senin, (15/03 2021).

Rabu, 10 Maret 2021 13:39

Kupang, Bawaslu NTT-Badan Pengawas Pemilu Provinsi Nusa Tenggara Timur mengikuti sidang pemeriksaan pendahuluan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sabu Raijua Tahun 2020 dilaksanakan oleh Mahkamah Konstitusi RI secara online, Senin, 8 Maret 2021.

Jumat, 05 Maret 2021 23:11

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar rapat koordinasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Bersama pihak Kepolisian dan Kejaksaan, tiga lembaga yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu ini akan melakukan evaluasi pasca sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Mahkamah Konstitusi (MK) selesai.

Jumat, 05 Maret 2021 10:49

Kupang-Dalam rangka mengikuti Sidang Pendahuluan di Mahkamah Konstitusi sesuai jadwalnya akan berlangsung pada Senin 8 Maret 2021, Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur mengadakan rapat persiapan dan pendampingan dalam penyusunan keterangan tertulis bersama Bawaslu Sabu Raijua bertempat di kantor Bawaslu NTT, Kamis (04/03/21).

Rabu, 03 Maret 2021 10:59

Jakarta-Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur menghadiri Rapat Penyusunan Laporan Akhir Kehumasan Tahun 2020 yang diadakan Bawaslu RI di Hotel Millenium, Jakarta (02/03/2021). Pada kesempatan tersebut Bawaslu NTT diwakili Koordinator Divisi Hukum, Humas Datin Melpi M. Marpaung dan Kepala bagian Hukum, Humas Datin Felipus C. Boling. Kegiatan ini melibatkan Koordinator divisi, Hukum, Humas, Data dan Informasi serta perwakilan sekretariat Bawaslu seluruh Indonesia.

Jumat, 26 Februari 2021 09:24

Kupang, Bawaslu NTT - Mahkamah Konstitusi (MK) akan segera memutuskan hasil sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malaka. Hal itu dikatakan Arief Hidayat selaku ketua hakim persidangan perkara nomor 24/PHP.BUP-XIX/2021 dengan pemohon pasangan calon nomor urut 02 atas nama Stefanus Bria Seran dan Wendelinus Taolin.

Senin, 15 Februari 2021 16:23

Kupang, Bawaslu NTT- Pada senin 15 Februari 2021, Bawaslu Provinsi NTT mengundang anggota Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat, Sumba Barat, Belu, Malaka yang mengikuti rapat evaluasi sidang Perselisihan Hasil Pemilihan kepala daerah di Mahkamah Konstitusi. Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Provinsi NTT Thomas Mauritius Djawa menyampaikan perlunya evaluasi dari pemberian keterangan tertulis Bawaslu supaya apabila terdapat sengketa PHPU selanjutnya jajaran Bawaslu Provinsi NTT akan lebih siap dan cepat tanggap dalam menyelesaikan penyusunan keterangan tertulis.

Rabu, 03 Februari 2021 15:41

Kupang, Bawaslu NTT –Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Nusa Tenggara Timur mengikuti Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 melalui Daring Senin (01/02/2021).

Senin, 07 Desember 2020 00:49

Kupang,Bawaslu NTT- Bawaslu Republik Indonesia kembali meluncurkan patroli pengawasan pada Pemilihan Serentak Tahun 2020 (05/12/2020). Launching Patroli Pengawasan diadakan melalui media zoom dan disiarkan lewat media Youtube Bawaslu RI, diikuti oleh seluruh jajaran pengawas pemilu di seluruh Nusantara. Patroli pengawasan sebagai upaya pencegahan segala potensi pelanggaran pada tahapan masa tenang yang kini sedang berlangsung.

Selasa, 01 Desember 2020 08:13

Kupang, Bawaslu NTT – Senin (30/11/2020) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020.

Rabu, 18 November 2020 15:40

Kupang, Bawaslu NTT- Kerja pencegahan melalui pengawasan partisipatif merupakan salah satu tugas Badan Pengawas Pemilihan Umum. Dalam mewujudkannya, Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur menyelenggarakan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif tingkat Provinsi tahun 2020. Kegiatan dilaksanakan mulai 16 November hinggga 19 November 2020 bertempat di Hotel Aston,Kupang dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Minggu, 15 November 2020 19:56

Kupang, (15/11/2020) - Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Klasifikasi Data dan Informasi di Lingkungan Bawaslu. Informasi Publik bersifat terbuka dan dapat diakses dengan cepat dan tepat waktu oleh masyarakat, kecuali terhadap Informasi yang dikecualikan sebagaimana di atur dalam Peraturan Bawaslu (perbawaslu) Nomor 10 tahun 2019. Kelapa Lima, Sabtu 14 November 2020.

Sabtu, 07 November 2020 11:32

Sabu Raijua-Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja menyapa jajaran panwascam se-Kabupaten Sabu Raijua pada kunjungannya ke Kabupaten Sabu Raijua,(06/11/2020). Bagja mengharapkan agar Panwascam siap melakukan pengawasan jelang pemungutan dan penghitungan suara pada 9 Desember mendatang.

Senin, 02 November 2020 13:22

Sumba – Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur, Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, SH, LL.M PhD melakukan kunjungan kerja ke Bawaslu Kabupaten se-Pulau Sumba. Waingapu - Kamis, 29/10/2020. Tiba di Waingapu, Sumba Timur Kamis, 29/10/2020, Fritz beserta rombongan di sambut secara adat oleh jajaran Bawaslu Sumba Timur, hadir pula Ketua dan Anggota Bawaslu NTT dan Kabag Hukum, Humas, Data dan Informasi dan Kasubag Hukum Bawaslu NTT. 

Senin, 19 Oktober 2020 13:54

Belu - Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur - (15/10/2020) Selesai Kunjungan kerja di Kabupaten Belu, Anggota Kordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu RI (Dr. Ratna Dewi Pettalolo, SH.MH) di dampingi jajaran Bawaslu Provinsi NTT serta Bawaslu Kab. Belu, Bawaslu Kab. TTU, Bawaslu Kab. TTS, Bawaslu Kab. Kupang dan Bawaslu Kota Kupang menghadiri deklarasi Komunitas Pemuda Perbatasan (KPP) di Batas Indonesia – Timor Leste (Motaain).

Sabtu, 17 Oktober 2020 14:30

Malaka-Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur - (16/10/2020) Usai melakukan kunjungan kerja di Bawaslu Kab. Belu, Dr. Ratna Dewi Pettalolo, SH. MH dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Bawaslu Kabupaten Malaka.

Sabtu, 17 Oktober 2020 14:23

Belu - Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur - Bawaslu Kabupaten Belu mendapat kunjungan kerja dari anggota Kordiv Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu RI (Dr. Ratna Dewi Pettalolo, SH. MH). Kamis, 15/10/2020

Jumat, 09 Oktober 2020 14:36

Kupang - Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar Rapat Internalisasi dan Pendalaman Peraturan Bawaslu Nomor 8 Tahun 2020 tentang penanganan pelanggaran Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020, di ruang Rapat Kantor Bawaslu Provinsi NTT, Jumat 09 oktober 2020.

Rabu, 07 Oktober 2020 10:09

Bawaslu NTT, Kupang-Bawaslu Provinsi NTT mengikuti secara daring Rapat Pleno Rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan triwulan ketiga yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi NTT (05/10/2020). Selain dihadiri KPU 13 Kabupaten/Kota non Pilkada, pada kesempatan yang sama tersebut dihadiri oleh perwakilan partai Politik. Kegiatan yang dibuka oleh Ketua KPU Provinsi NTT Thomas Dohu beserta anggota KPU Provinsi NTT. Dalam rapat pleno ini ditetapkan jumlah daftar pemilih untuk triwulan ketiga bulan Juli, Agustus dan September tahun 2020 dengan jumlah pemilih Laki  - Laki (L) : 1.079.135 dan jumlah pemilih Perempuan (P) : 1.138.565  Total : 2.217.700 Pemilih,

Selasa, 06 Oktober 2020 14:34

Kupang - Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Pembentukan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020, di Kantor Bawaslu Provinsi NTT, Selasa 06 oktober 2020.

Sabtu, 03 Oktober 2020 19:05

Bawaslu, Timor Tengah Utara- Dalam kunjungannya ke provinsi Nusa Tenggara Timur, Ketua Bawaslu RI Abhan bersama Kepala Biro Teknis Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu (TP3) La Bayoni bertemu dengan Panwascam Se-Kabupaten Timor Tengah Utara Jumat (2/10/2020), bertempat di Hotel Victory 2, Kefamenanu. Turut hadir pula Ketua Bawaslu NTT Thomas Djawa, SH., Anggota Bawaslu NTT Melpi M. Marpung, ST., Noldy Tadi Hungu, Kepala sekretariat Bawaslu NTT Ignasius Jani, Kabag Hukum, Humas, Data dan Informasi Felipus C. Boling dan Kasubag Penanganan Pelanggaran Abdul Azis.

Jumat, 25 September 2020 15:23

Kupang – Badan Pengawas Pemilu Provinsi Nusa Tenggara Timur -  sesuai PKPU 5 tahun 2020, jadwal pengundian no urut pasangan calon pemilihan kepala daerah tahun 2020 dilaksanakan Kamis (24/9/2020).

Kamis, 24 September 2020 08:49

Kupang – Badan Pengawas Pemilu Provinsi Nusa Tenggara Timur -  Penetapan pasangan calon peserta pemilihan Tahun 2020 dilaksanakan pada Rabu (23/9/2020) oleh KPU.  

Selasa, 22 September 2020 22:27

Bawaslu, Jakarta-Jelang tahapan kampanye pemilihan kepala daerah tahun 2020, Bawaslu Kembali melakukan pemutakhirkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkada Tahun 2020. Acara peluncuran Pemutakhiran IKP dihadiri oleh Ketua Bawaslu Abhan, anggota Bawaslu Mochammad Afifudin, dan Fritz Edwar Siregar (22/09/2020) di Kantor Bawaslu, Jakarta. Kegiatan ini juga disiarkan secara langsung melalui aplikasi zoom dan media Youtube Bawaslu.

Kamis, 17 September 2020 13:57

Kupang – Badan Pengawas Pemilu Provinsi Nusa Tenggara Timur -  Tahapan Pendaftan Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan 2020 telah dilaksanakan sesuai PKPU 5 tahun 2020  pendaftaran calon dimulai tanggal 4 September 2020 dan berakhir tanggal 6 September 2020.

Selasa, 15 September 2020 11:14

Kupang-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar Rapat kerja Teknis Advokasi/Pendampingan Hukum tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 , Kamis (Sabtu 12/09/2020) di Hotel Neo Aston, Kupang.

Kamis, 13 Agustus 2020 01:06

Jakarta, Bawaslu – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), dan Dewan Pers menandatangani Keputusan Bersama tentang Pengawasan dan Pemantauan Pemberitaan, Penyiaran, dan Iklan Kampanye Pilkada 2020, Rabu (12/8/2020). Kegiatan tersebut disiarkan secara daring melalui aplikasi zoom dan media Youtube Bawaslu dan diikuti seluruh jajaran pengawas pemilu se-Indonesia.

Selasa, 11 Agustus 2020 23:35

Kupang, Bawaslu NTT-Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Gunawan Suswantoro secara resmi menerima hibah berupa tanah dari Pemerintah Kabupaten Kupang yang diperuntukkan bagi Kantor Bawaslu Kabupaten Kupang, Jumat (07/08/2020). Naskah hibah dan berita acara serah terima aset tanah diserahkan langsung oleh Bupati Kupang Korinus Masneno bersama Ketua DPRD Kabupaten Kupang Daniel Taimenas dan Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang Obet Laha.

Selasa, 11 Agustus 2020 23:31

Kupang, Bawaslu NTT-Menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Tahapan Pencalonan Pemilihan Serentak Tahun 2020 yang digelar KPU provinsi Nusa Tenggara Timur di Aula kantor KPU NTT (6/8/2020), Ketua Bawaslu provinsi Nusa Tenggara Timur Thomas Mauritius Djawa mengungkapkan bahwa Rapat ini menjadi momen strategis bagi Bawaslu dan KPU dalam rangka penyatuan pemahaman soal regulasi PKPU Pencalonan dan tahapan-tahapan selanjutnya. Penyatuan pemahaman ini bertujuan memastikan kesiapan KPU Kabupaten dan Bawaslu Kabupaten untuk mengawasi proses pendaftaran.

Senin, 27 Juli 2020 13:07

Kupang-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar Rapat kerja Sentra Penegakkan Terpadu ( Sentra Gakkumdu) tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 , Kamis (23/07/2020) di Hotel Neo Aston, Kupang.

Minggu, 26 Juli 2020 22:54

Bawaslu-Prestasi membanggakan kembali diraih Bawaslu dalam perjalanan kelembagaannya. Kali ini Bawaslu berhasil menerima predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan atas laporan keuangan Tahun 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kamis (23/07/2020).

Rabu, 15 Juli 2020 17:51

Kupang, Bawaslu NTT-Sebanyak 6.492 Aparatur Sipil Negara dan 4.411 penyelenggara pemilu memberikan dukungan kepada pasangan calon perseorangan di 79 Kabupaten/kota. Data tersebut berdasarkan hasil evaluasi pengawasan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan oleh Bawaslu saat konferensi pers Persiapan Bawaslu dalam Pengawasan Coklit Pilkada 2020 di Jakarta (14/07/2020).

Rabu, 15 Juli 2020 17:42

Kupang, Bawaslu NTT-Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Tahun 2020 di 9 Kabupaten pada provinsi Nusa Tenggara Timur memasuki tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih. Bawaslu provinsi Nusa Tenggara Timur selaku pengawas pemilihan tingkat provinsi mengadakan bimbingan teknis pembinaan SDM pengawas Pemilu Lapangan Bagi Bawaslu Kabupaten, Minggu (12/07/2020) di hotel Swiss Beliin, Kupang. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 12 sampai 14 Juli 2020.

Rabu, 15 Juli 2020 17:17

Kupang, Bawaslu NTT-Menjelang tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih, Bawaslu provinsi Nusa Tenggara Timur menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Kegiatan COKLIT Pemilihan Serentak Tahun 2020 yang diadakan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur (10/07/2020) di aula kantor KPU NTT.

Rabu, 15 Juli 2020 17:12

Kupang, Bawaslu NTT-Pada Rapat pleno Rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan periode triwulan II 2020 via daring (09/07/2020), Anggota Bawaslu NTT Baharudin Hamzah menyoroti minimnya jumlah pemilih baru di Kabupaten. “Di Nagekeo misalnya, jumlah pemilih barunya nihil, ini menjadi catatan karena data pemilih ini sangat dinamis,” ujarnya.

Rabu, 15 Juli 2020 17:02

Sumba Barat-Anggota Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur Jemris Fointuna mengungkapkan 3 tugas Bawaslu kepada jajaran Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/desa se-Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Selasa,(1/07/2020) bertempat di Kantor Panwascam Kota Waikabubak.

Selasa, 14 Juli 2020 15:29

Kupang-Bawaslu RI menggelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kehumasan secara daring dengan Kehumasan se-Indonesia pada Selasa (14/07/2020) via aplikasi Zoom dimulai pukul 10.00 WIB.

Kamis, 09 Juli 2020 17:45

Kupang, Bawaslu NTT-Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur beserta 22 Bawaslu Kabupaten/Kota se-provinsi Nusa Tenggara Timur mengikuti Kegiatan Sosialisasi dan Evaluasi Pemberian Bantuan Hukum secara daring via aplikasi zoom yang diadakan oleh Bawaslu Republik Indonesia, Selasa (7 /07/2020) pukul 14.30 WITA.

Rabu, 08 Juli 2020 15:25

Bawaslu NTT, Belu - Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi NTT melakukan pengawasan tahapan  verifikasi faktual pilkada lanjutan tahun 2020 sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.  Diketahui pada Pilkada Provinsi NTT terdapat 4 kabupaten yang memiliki calon perseorangan yakni Belu, Ngada, Timor Tengah Utara dan Sabu Raijua. Di Kabupaten Belu  terdapat satu bakal pasangan calon perseorangan a.n Vinsensius Brisius Loe dan Arnaldo Da Silva Tavares, pada Kabupaten Ngada terdapat dua bakal pasangan calon a.n Dorothea Dhone dan Arnoldus Keli Nani (Paket Doa), serta Wilfridus Muga dan Herman Say (Paket Firman), Sedangkan Kabupaten Sabu Raijua terdapat satu bakal pasangan calon a.n Takem Radja Pono dan Herman Hegi Radja Haba. Lalu Kabupaten TTU terdapat Agustinus Talan, S.Sos dan Drs, Yoseph Akoit. 

Kamis, 25 Jun 2020 20:30

Bawaslu – Bersamaan dengan acara launching Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Selasa (23/6/2020), Bawaslu juga meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkada 2020 termutakhir karena mewabahnya Covid-19.

Kamis, 25 Jun 2020 19:22

Kupang – Bawaslu NTT, Untuk mengadvokasi dan melindungi jajaran pengawas pemilu dalam menjalankan tugas pengawasan, pendampingan hukum menjadi hal penting yang harus diperhatikan.Penegasan tersebut disampaikan Anggota Bawaslu Melpi M Marpaung saat kegiatan Peningkatan Kapasitas dalam Pemberian Bantuan dan Pendampingan Hukum untuk Bawaslu Provinsi seluruh Indonesia yang dilaksanakan Divisi Hukum, Humas dan Datin Bawaslu di Kupang (5-10/6).

Senin, 22 Jun 2020 13:00

Kupang, Bawaslu NTT – Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur mengikuti agenda Rapat Kerja Teknis secara Daring Sosialisasi Tata Cara Penyelesaian Sengketa Pemilihan sesuai Perbawaslu 2 Tahun 2020 Kepada Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota dengan menggunakan media zoom (16/06/2020).

Rabu, 17 Jun 2020 09:26

Bawaslu-Menghadapi pelaksanaan pilkada tahun 2020, Bawaslu mengadakan konferensi pers bertajuk kesiapan Bawaslu Dalam Pengawasan lanjutan tahapan pilkada 2020, Senin (15/06/2020). Dihadiri Ketua Bawaslu Abhan, Anggota Bawaslu Mochammad Afifudin, dan Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar.

Rabu, 17 Jun 2020 09:03

Bawaslu-Guna mengoptimalkan riset kajian evaluasi pilkada serentak 2015-2018 yang dilakukan Kabupaten/kota. Divisi pengawasan Bawaslu provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar Rapat virtual pembahasan metodologi riset yang dipandu oleh tim konsultan yakni Dr. Khalid K. Moenardi, Dr Rudi Rohi dan Mikhael Feka SH, MH, Senin (15/06/2020).

Rabu, 17 Jun 2020 08:58

Bawaslu-Jajaran Ketua dan Anggota Bawaslu provinsi Nusa Tenggara Timur yang terdiri dari Thomas Mauritius Djawa dan Baharudin Hamzah beserta Kepala Sekretariat Bawaslu provinsi NTT Ignasius Jani menghadiri secara daring acara syukuran Ulang Tahun ke-8 Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia.

Rabu, 17 Jun 2020 08:54

Bawaslu-Kepala Sekretariat Badan Pengawas Pemilu provinsi Nusa Tenggara Timur Ignasius Jani dan Kepala Bagian Administrasi Screening Yosmar Dano beserta jajaran pejabat struktural mengikuti kegiatan Rapat daring Sosialisasi Hasil Evaluasi Zona Integritas (ZI) Bawaslu Tahun 2019 dan Rencana Penyusunan Action Plan, Jumat (12/06/2020).

Kegiatan Sosialisasi ini bertujuan untuk mewujudkan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi  dan wilayah birokrasi bersih dan melayani di lingkungan Badan Pengawas Pemilihan Umum  tahun 2020.

Kegiatan ini dihadiri oleh Koordinator divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi se-Indonesia beserta Kepala Sekretariat Bawaslu provinsi, Kabag Administrasi Bawaslu provinsi, Kepala Sub Bagian SDM dan Umum Bawaslu provinsi. Hingga jajaran Bawaslu Kabupaten/kota yang terdiri dari Kordiv Sumber Daya Manusia dan Organisasi, Kordiv Sumber Daya Manusia dan Organisasi dan Data Informasi beserta Koordinator Sekretariat dan Staf yang membidangi Reformasi Birokrasi/Zona Integritas Bawaslu provinsi.

Rabu, 10 Jun 2020 19:35

Bawaslu-Setelah melalui pembelajaran audio visual, para peserta Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring provinsi Nusa Tenggara Timur memasuki tahapan diskusi daring yang diselenggarakan pada Selasa (09/06/2020).

Rabu, 10 Jun 2020 19:28

Bawaslu-Dalam rangka mempersiapkan anggaran penyelenggaraan pilkada 2020 di masa pandemi. Bawaslu RI mengadakan rapat daring pembahasan restrukturisasi anggaran bersama jajaran Kepala Sekretariat Bawaslu pada 34 provinsi se-Indonesia. Rapat dipimpin oleh Sekretaris Jendreral Bawaslu Gunawan Suswantoro, dan Kepala Biro Administrasi Bawaslu RI Darmawan Adhi Santoso (05/06/2020).

Rabu, 10 Jun 2020 19:24

Bawaslu-Pengawasan penyelenggaraan Pilkada kini menunggu Peraturan KPU, sebagai bagian dari penegaka hukum pilkada, Bawaslu dengan seluruh jajaran Bawaslu tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota melakukan rapat Konsolidasi Nasional Penegakan Hukum Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2020 era New Normal (03/06/2020).

Selasa, 09 Jun 2020 18:39

Kupang, Bawaslu NTT-Menindaklanjuti riset dan kajian evaluasi pilkada serentak 2015 hingga 2018, Bawaslu provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar rapat daring dengan Bawaslu Kabupaten/kota se-provinsi Nusa Tenggara Timur untuk membahas perkembangan penulisan riset,Selasa (02/06/2020).

Jumat, 05 Jun 2020 16:17

Kupang, Bawaslu NTT-Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur menghadiri undangan Bawaslu RI dengan Tema Silaturahmi Nasional Menakar Efektifitas Proses Penyelesaian Sengketa Pemilihan di Tengah Wabah Covid-19 dengan menggunakan media zoom (04/06/2020).

Sabtu, 30 Mei 2020 18:28

Bawaslu-Jajaran Ketua dan anggota Bawaslu provinsi NTT bersama seluruh Bawaslu daerah se- Indonesia menghadiri secara daring Halal Bihalal Idul Fitri 1441 H, Jumat (29/05/2020), disiarkan langsung melalui media youtube Bawaslu. Ajang silaturahmi ini sekaligus konsolidasi dalam rangka persiapan pengawasan lanjutan tahapan pilkada 2020.

Sabtu, 30 Mei 2020 18:11

Bawaslu-Pasca Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II DPR RI, Mendagri, dan Penyelenggara Pemilu dengan buah kesepakatan pemilihan pada Desember 2020, KPU dan Bawaslu kini tengah mempersiapkan aturan dan mekanisme teknis pemilihan di masa covid-19. Dalam perspektif Bawaslu, terdapat beberapa potensi masalah yang dapat terjadi.

Kamis, 28 Mei 2020 23:02

Kupang, Bawaslu NTT-Sebagai wujud pelaksanaan tugas Bawaslu dalam pelaksanaan pengawasan, Bawaslu provinsi dan Bawaslu Kabupaten/kota se-NTT melakukan evaluasi pelaksanaan pilkada Tahun 2015 hingga 2018 dalam sebuah riset/kajian. Untuk menindaklanjuti riset tersebut, divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu NTT mengadakan rapat pembahasan riset bagi kalangan internal jajaran Ketua dan anggota, Kepala Sekretariat dan Kabag, dan Kasubag (28/Mei/2020).

Kamis, 28 Mei 2020 22:53

Kupang, Bawaslu NTT-Publikasi dalam bentuk pemberitaan merupakan wujud akuntabilitas lembaga publik kepada masyarakat. Urgensi berita kepemiluan maupun kelembagaan menjadi fokus Bawaslu NTT untuk memberikan informasi kepada khalayak. Atas dasar itu Bawaslu NTT mengadakan Bimbingan Teknis Peliputan dan Penulisan Berita bagi Bawaslu Kabupaten/kota (28/05/2020) secara daring.

Rabu, 27 Mei 2020 15:15

Bawaslu-Mengusung tema pemetaan kerawanan pemilu dan pilkada, Tadarus Pengawasan Pemilu ke-27 menghadirkan lima narasumber yang terdiri dari Jemris Fointuna dari Bawaslu provinsi Nusa Tenggara Timur, Fahrul Rozi dari Bawaslu Jambi, Amirudin Sijaya dari Bawaslu Riau, Suhadi Situmorang dari Bawaslu Sumatera Utara, dan Retno Dwi Anggraini selaku Tim Asistensi Bawaslu RI (23/05/2020) via channel Youtube Humas Bawaslu.

Rabu, 27 Mei 2020 15:11

Bawaslu-Ditengah wacana keberlanjutan pilkada 2020, potensi masalah dan kerawanan pada setiap opsi jadwal pilkada perlu diwaspadai oleh seluruh pihak. Bawaslu sebagai pengawas pemilu perlu memetakan berbagai kerawanan tersebut.

Rabu, 27 Mei 2020 15:06

Bawaslu-Pada diskusi daring bertema “Penundaan Pilkada serentak pada Masa Pandemi Covid-19” (22/05/2020) Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar mengatakan, dalam memandang penundaan Pilkada serentak tahun 2020 terdapat 3 hak yang sedang berkompetisi, yaitu hak memilih/hak dipilih, hak untuk hidup, dan hak untuk bisa berkumpul.

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan El Tari No.
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : ntt.bawaslu.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.