Print this page
Kamis, 15 Juli 2021 13:23

BAWASLU NTT GELAR RAPAT EVALUASI HASIL REKAPITULASI PSU SABU RAIJUA

Kupang, Bawaslu NTT-Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar Rapat daring Evaluasi Tahapan Pungut Hitung dan Rekapitulasi Penghitungan Suara Ulang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sabu Raijua Tahun 2021 selasa (13/07/2021). Sejak putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 135/PHP.BUP-XIX/2021, Bawaslu NTT melakukan rapat daring secara rutin dua kali seminggu bersama Bawaslu kabupaten Saburaijua dalam rangka persiapan pengawasan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Kegiatan tersebut dihadiri anggota Bawaslu Provinsi NTT Jemris Fointuna, Melphi M. Marpaung dan Noldy Taduhungu, kemudian Ketua Bawaslu Kabupaten Sabu Raijua Yudi Tagi Huma, serta jajaran Sekretariat Bawaslu Provinsi NTT dan Bawaslu Kabupaten Saburaijua.

Jemris Fointuna manambahkan bahwa tujuan Rapat Evaluasi ini untuk mengetahui secara pasti adakah laporan ataupun temuan saat pleno maupun sebelum pleno berlangsung pasca pungut hitung dan rekapitulasi penghitungan suara baik ditingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten, sehingga informasi yang disampaikan dapat menjadi rujukan untuk kita bersama melakukan langkah – langkah antisipasi dalam menghadapi persoalan yang terjadi kedepannya.

Ketua Bawaslu Saburaijua Yudi Tagi huma mengungkapkan bahwa pengawasan hasil rekapitulasi ditingkat kecamatan maupun ditingkat kabupaten berjalan dengan aman, namun ada beberapa catatan yang disampaikan oleh petugas pengawas saat pleno berlangsung di tingkat kecamatan dan dilakukan perbaikan secara bersama-sama yang disaksikan secara langsung oleh saksi dari Calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 01 dan nomor urut 03 disetiap TPS terhadap pengguna hak pilih, pemilih disabilitas, dan DPT.

Pada kesempatan yang sama, Jemris menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya salah satu petugas Anggota Panwascam Kecamatan Sabu Barat, Bapak Eryzon J. C. Haba Radja, yang bersangkutan terpapar Covid-19 sejak melakukan tugas pengawasan pengepakan dan penyotiran surat suara di KPU Saburaijua. S.g

Penulis  : Syahrir Guhir
Editor   : Silvester Sili Teka

Hasan Umar

Author :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya