Sabtu, 17 Oktober 2020 14:30

Dari Bawaslu Kabupaten Belu, Dr. Ratna Dewi Pettalolo, SH. MH lanjutkan Kunjungan Ke Bawaslu Kabupaten Malaka.

Kunjungan Kerja Dr. Ratna Dewi Pettalolo, SH. MH di Kab. Malaka. Jumat, 16/10/2020. (Foto: Andri Ndun/Humas Bawaslu NTT) Kunjungan Kerja Dr. Ratna Dewi Pettalolo, SH. MH di Kab. Malaka. Jumat, 16/10/2020. (Foto: Andri Ndun/Humas Bawaslu NTT)

Malaka-Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur - (16/10/2020) Usai melakukan kunjungan kerja di Bawaslu Kab. Belu, Dr. Ratna Dewi Pettalolo, SH. MH dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Bawaslu Kabupaten Malaka.

Kedatangan Dr. Ratna Dewi Pettalolo, SH.MH dan rombongan di sambut oleh Ketua, Anggota dan Sekretariat Bawaslu Kab. Malaka dengan adat dan tarian.

Ketua Bawaslu Kabupaten Malaka (Petrus Nahaka Manek) dalam sambutannya menjelaskan bahwa Kab. Malaka mempunyai 12 Kecamatan dan 127 Desa, jumlah penduduk Kab. Malaka sesuai dengan data penduduk Tahun 2020 di semester 1 sebanyak 214.000 jiwa, dan jumlah daftar pemilih yang ditetapkan oleh KPU Malaka sebanyak 115.304 pemilih. untuk diketahui bahwa Kab. Malaka baru melaksanakan pilkada dua kali yang pertama Pilkada Tahun 2015 dan Pilkada ke dua Tahun 2020.

Sebagai Kordiv Penindakan dan Pelanggaran di Bawaslu Kab. Malaka Petrus menyampaikan bahwa selama proses pilkada berlangsung mulai dari sebelum penetapan dan sesudah proses penetapan Bawaslu Malaka sudah memproses 10 kasus yang mana dari kesepuluh kasus tersebut di dominasi oleh pelaku pelanggaran Netralitas ASN.

Bawaslu malaka sudah merekomendasikan 20 Oknum ASN kepada Komisi ASN dan dari 20 ASN yang sudah direkomendasikan sampai saat ini belum ada Sanksinya.

Petrus juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dr. Ratna Dewi Pettalolo, SH. MH dan rombongan dari jakarta yang sudah mau mengunjungi Bawaslu Malaka, Kami berbangga karena sejarah mencatat bahwa ini pertama kali kunjungan dari Bawaslu RI datang ke Kabupaten paling bungsu yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Ketua Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur (Thomas M. Djawa, SH) dalam kesempatannya menyampaikan Syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa karena atas berkat dan rahmatNya pada hari ini kita bisa berada di tempat ini, luar biasa tadi disampaikan bahwa selama proses penyelenggara Pemilihan baru kali ini Pimpinan Bawaslu Ri hadir di tempat ini, oleh karena itu sebagai Pimpinan Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur mengucapkan terima kasih kepada Dr. Ratna Dewi Pettalolo, SH .MH

Thomas juga menyampaikan rekan-rekan keluarga besar Bawaslu Malaka, Panwascam dan Pengawas Desa/Kel sangat berharap penguatan dari Dr. Ratna Dewi Pettalolo terkhusus terkait dengan soal Netralitas ASN yang sangat tinggi di Kab. Malaka, tapi bukan hanya ASN nya saja tapi juga tenaga kontraknya juga yang mana menjadi tantangan tersendiri bagi rekan-rekan di Bawaslu Kab. Malaka.

Dr. Ratna Dewi Pettalolo, SH. MH, Anggota Bawaslu RI dalam kesempatannya mengatakan secara Nasional ada 270 Daerah yang akan melaksanakan pilkada dari 9 Provinsi, 224 kabupaten dan 37 Kota dan jumlah calon petahana secara keseluruhan kurang lebih ada 230 calon, dan sisanya diikuti oleh calon-calon yang punya hubungan kekerabatan , kekeluargaan dengan kepala daerah.

Menurutnya sebagai Pengawas Pemilihan kita sejak awal harus bisa menyusun strategi atau langkah-langkah pencegahan berdasarkan titik rawan dan potensi pelanggaran yang bisa terjadi sesuai dengan kondisi latar belakang dari pasangan calon yang akan berkontestasi, sekalipun dilkasanakan ditengah pandemi covid-19 kualitasnya itu paling tidak lebih baik dari pemilihan yang sudah perna dilewati.

“Kita berharap pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di Pilkada Tahun 2015 itu tidak terulang di Tahun 2020, oleh sebab itu kita perlu menyusun yang namanya titik rawan dan potensi pelanggaran melalui pendekatan sejarah berdasarkan pengalaman pemilihan Tahun 2015, dan dengan aturan-aturan perundang-undangan yang ada kita dapat memetakan perbuatan apa saja yang di perbolehkan atau tidak diperbolehkan untuk dilakukan,” ucapnya.

Artikel Lainnya

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan El Tari No.
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : ntt.bawaslu.go.id

Instagram : Bawaslu NTT

Facebook : Bawaslu NTT

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.