Jumat, 02 Juli 2021 13:10

Dihadapan Peserta SKPP, Jemris Fointuna Tekankan Pentingnya Kecakapan Pengawas Partisipatif

Jemris Fointuna saat menjadi narasumber pada kegiatan Sekolah Kader Pengawas Pemilu Partisipatif di Kabupaten Gianyar, Bali bertempat di Sthala, a tribute portfolio hotel - Ubud Bali (28/Juni/2021) Jemris Fointuna saat menjadi narasumber pada kegiatan Sekolah Kader Pengawas Pemilu Partisipatif di Kabupaten Gianyar, Bali bertempat di Sthala, a tribute portfolio hotel - Ubud Bali (28/Juni/2021)

Bali, Bawaslu NTT- Anggota Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur Jemris Fointuna menjadi salah satu narasumber pada giat Sekolah Kader Pengawas Pemilu Partisipatif di Kabupaten Gianyar, Bali bertempat di Sthala, a tribute portfolio hotel - Ubud Bali (28/Juni/2021). Pelaksanaannya diikuti dengan penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 dengan ketat.

Kegiatan tersebut diadakan selama tiga hari yakni pada 28-30 Juni 2021. Jemris pada kesempatan itu membawakan materi kecapakan dasar pengawas partisipatif dihadapan 84 peserta SKPP dari berbagai kalangan. Menurut Jemris seorang kader pengawas partisipatif harus memiliki kecakapan layaknya pengawas dan memahami filosofi kepemiluan hingga aturan teknis kepemiluan.

 Koordinator divisi pengawasan Bawaslu NTT tersebut menjelaskan pemilu maupun pilkada adalah momentum penting bagi perwujudan hak politik masyarakat untuk memilih pemimpin pilihannya. Sehingga pelaksanaannya harus diawasi oleh seluruh masyarakat. Kecakapan sebagai pengawas partisipatif harus dimiliki oleh seluruh kader tanpa terkecuali.

Perlu diketahui guna mendorong pengawasan pemilu partisipatif, Bawaslu berupaya melakukan pendidikan pengawasan pemilu kepada masyarakat dengan membentuk wadah pendidikan pengawasan pemilu yang berkesinambungan dalam program Sekolah Kader Pengawas Pemilu Partisipatif. Program ini sekaligus merupakan bentuk dukungan dan sinergi program pemerintah tentang pemberdayaan masyarakat dalam pemilu sesuai arahan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS).

Program Sekolah Kader Pengawas Pemilu Partisipatif bertujuan antara lain untuk meningkatkan pengawasan partisipatif masyarakat, sarana pendidikan pemilu bagi masyarakat, pembentukan pusat pendidikan pengawasan pemilu yang berkesinambungan bagi masyarakat, menciptakan kader pengawasan yang tepat guna, dan menciptakan kantong-kantong atau simpul-simpul  pengawasan di semua lapisan masyarakat yang ada di Indonesia.(sil)

 

Hasan Umar

Author :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan El Tari No.
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : ntt.bawaslu.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.