Senin, 05 Juli 2021 10:25

Fritz Ingatkan Pentingnya Peningkatan Kapasitas SDM Pengawas Hingga Aktif di Media Sosial

Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar (tengah) dalam Kunjungan Kerja ke Kabupaten Alor (4/Juli/2021) Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar (tengah) dalam Kunjungan Kerja ke Kabupaten Alor (4/Juli/2021)

Alor, Bawaslu NTT-Dalam kunjungannya ke Kabupaten Alor, Anggota Bawaslu Republik Indonesia Fritz Edward Siregar menyampaikan agar jajaran pengawas untuk mempersiapkan tatanan pengawasan pelaksanaan pemilu dan pilkada 2024 mendatang. “Jika mengacu pada perkiraan jadwal yang ada, tahapan akan dimulai pada Maret 2022, maka bulan Oktober Panwascam juga sudah terbentuk,” ujar Fritz di Kantor Bawaslu Kabupaten Alor (04/Juli/2021).

Berkaitan hal itu, Fritz mengingatkan pentingnya peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengawas pemilu ad hoc di tingkat kecamatan hingga pengawas TPS. “Kita memiliki PR terkait bagaimana meningkatkan kemampuan Panwascam kita. Selain seminar, dibutuhkan pelatihan-pelatihan teknikal bagi pengawas pemilu seperti modul-modul pelatihan”. jelas mantan Pengajar Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera (STHI Jentera) tersebut.

Menurut Fritz, pentingnya pengajaran melalui modul-modul pelatihan yang disesuaikan dengan karakteristik Alor kemudian dilanjutkan dengan metode pembelajaran simulasi kasus. “Simulasi sangat penting tentang bagaimana jajaran panwascam menghadapi suatu kasus,”tambahnya.

Fritz juga mengajak jajaran pengawas untuk aktif di media sosial agar masyarakat mengetahui kinerja pengawasan Bawaslu Alor. “Melalui media sosial, publik dapat mengetahui bahwa Bawaslu Alor ada dan berkontribusi dalam pilkada dan pemilu. “Jangan sampai Bawaslu Alor hanya dikenal saat pemilu/pilkada saja,” pungkasnya.

 

 

 

Hasan Umar

Author :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan El Tari No.
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : ntt.bawaslu.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.