Jumat, 02 Juli 2021 13:19

Jelang PSU Sabu Raijua, Bawaslu NTT dan Bawaslu RI Lakukan Monitoring dan Supervisi Secara Daring

Kegiatan Rapat Daring Persiapan PSU Sabu Raijua (30/Juni/2021) Kegiatan Rapat Daring Persiapan PSU Sabu Raijua (30/Juni/2021)

Kupang, Bawaslu NTT-Sesuai perintah Mahkamah Konstitusi dalam putusan Nomor 135/PHP.BUP-XIX/2021  agar Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan supervisi dan pendampingan kepada Bawaslu Kabupaten Sabu Raijua dalam pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) 7 Juli mendatang, maka Bawaslu NTT kembali menggelar Rapat Daring Persiapan PSU bersama Bawaslu Sabu Raijua pada  (30/Juni/2021) yang secara rutin dilakukan setiap minggu. Pada rapat kali ini hadir salah satu anggota tim asistensi divisi pengawasan Bawaslu Republik Indonesia Muhammad Zaid untuk melakukan supervisi terkait persiapan pengawasan PSU nanti. 

Pada kesempatan ini Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu NTT Jemris Fointuna mengatakan bahwa terkait data pemilih agar Bawaslu Sabu Raijua melakukan koordinasi dengan KPU Sabu Raijua untuk melakukan pencermatan dan penelusuran terhadap pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat.

Tim Asistensi Bawaslu RI Muhammad Zaid juga menjelaskan pentingnya pengawasan terhadap data pemilih dalam PSU agar tidak memunculkan permasalahan hingga potensi PSU jilid 2. M. Zaid juga menegaskan pencermatan data pemilih sangat krusial untuk memastikan pemilih yang datang ke TPS sudah memenuhi syarat sebagai pemilih sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pria yang akrab disapa Zaid tersebut mengingatkan agar pengawasan harus meliputi pengawasan substansi elektoral yakni aturan teknis kepemiluan dan juga pengawasan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19. “Jangan sampai pengawasan menjadi kurang maksimal karena protokol kesehatan kini juga menjadi objek pengawasan PSU. Baik substansi kepemiluan dan protokol kesehatan keduanya harus diawasi secara optimal,”tandasnya. (sil)

Hasan Umar

Author :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan El Tari No.
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : ntt.bawaslu.go.id

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.