Senin, 27 Februari 2023 09:26

Pimpin Apel, Ketua Bawaslu NTT Tegaskan Kawal Proses Pemutakhiran Data Pemilih

Kupang, Bawaslu NTT - Ketua Bawaslu NTT Nonato Da Purificacao Sarmento menegaskan jajarannya untuk mengawal dengan baik proses pemutakhiran data pemilih. Hal itu dikatakan Nato saat memimpin secara langsung Apel Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih kepada jajaran Bawaslu Provinsi NTT yang hari ini serentak dilakukan oleh semua jajaran Bawaslu di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya Nato menjelaskan bahwa dalam mengawal proses ini diperlukan 4 hal antara lain selama tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih dengan memastikan adanya tindaklanjut saran perbaikan atau ketidaksesuaian terhadap kinerja KPU di seluruh tingkatan dan Pantarlih.

Yang kedua yakni sosialisasi kepada masyarakat mengenai kesadaran akan status hak pilihnya mulai dari tahapan coklit hingga pelaksanaan pemungutan suara.

"Fokus sasaran kepada masyarakat yang rentan dalam kerawanan hak pilih," ujar Nato saat memimpin Apel Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih di halaman Kantor Bawaslu NTT, Senin (27/2/2023).

Ketiga, secara langsung mendatangi pemilih rentan yang berpotensi disalahgunakan hak pilihnya seperti pemilih disabilitas, masyarakat adat, masyarakat yang tidak berdomisili sesuai KTP serta masyarakat yang meninggal dunia namun masuk dalam data atau daftar pemilih. Terakhir yaitu mendirikan Posko pengaduan keliling “Sedapat mungkin informasi ini kita sebarkan melalui pamflet dan media sosial agar masyarakat pemilih dapat termotivasi untuk mengecek data mereka, tambah Nato.

Mantan anggota Bawalu TTU tersebut juga mengingatkan agar kawal secara baik semua proses terkait dengan pemutakhiran data pemilih ini dengan baik.

Hadir dalam apel tersebut anggota Bawaslu NTT Melpi Minalria Marpaung, Noldi Tadu Hungu, Kepala Sekretariat Ignasius Jani serta jajaran sekretariat Bawasu Provinsi NTT.

 

 

Penulis : Felipus Cornelis Boling

Hasan Umar

Author :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Hubungi Kami

Badan Pengawas Pemilu
Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jalan El Tari No.
Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Phone : (0380) 8430092

Website : ntt.bawaslu.go.id

Instagram : Bawaslu NTT

Facebook : Bawaslu NTT

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.